Vinaora Nivo Slider 3.x

Pada Tes Kematangan Sekolah peserta didik baru SD Islam Insan Karima tahun pelajaran 2016-2017 kali ini meliputi beberapa aspek penilaian, diantaranya sebagai berikut:

1. Aspek Motorik Kasar

2. Aspek Motorik Halus

3. Aspek Sosial

4. Aspek Emosi

5. Aspek Kognitif , meliputi bahasa, matematika, mengamati dan membaca, serta qiroah al-quran.

Untuk lengkapnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini . . . .

 

No. Aspek Penilaian Aktivitas peserta Indikator Penilaian Skor Maksimal Skor
1 Motorik Kasar Berjalan zig zag Tidak tersandung atau menabrak benda yang ada disekitarnya 5  
2 Melompati benda Melompat dan mendaratkan kedua kakinya secara bersamaan 5  
3 Merangkak melewati terowongan Tidak takut merangkak melewati terowongan 5  
4 menangkap, melambungkan dan melempar bola ke keranjang Dapat menangkap, melambungkan dan melemparkan bola dengan tepat 10  
5 berjalan di papan titian (di lantai yang di lem solasi hitam) dapat menjaga keseimbangan dengan berjalan maju atau mundur 10  
6 Berdiri disamping atau didepan kursi sesuia dengan instruksi penguji Dapat mengikuti instruksi yang berkaitan dengan kanan, kiri, depan, belakang dll 10  

 

No. Aspek Penilaian Aktivitas peserta Indikator Penilaian Skor maksimal Skor
1 Motorik Halus Memegang Pensil dan menuliskan bentuk-bentuk garis Sudah dapat menunjukkan bagian tangan yang dominan digunakan (kanan/kiri) Kanan/ Kiri  
2 Memegang pensil dengan cara yang benar (menggunakan ibu jari, telunjuk dan jari tengah) 5  
3 Menggunakan pensil dengan tekanan yang cukup 10  
4 Saat menulis mengikuti suatu objek dengan matanya saja dan posisi kepala tetap 5  
5 Menggambar lingkaran, segitiga dll Menggambar bentuk-bentuk dengan jelas dan dapat dikenali 15  
6 Mewarnai gambarnya Mewarnai sebuah gambar dengan baik 10  
7 Menggunting sebuah objek bentuk Menggunting gambar yang cukup kompleks disainnya. (dapat menggunakan hasil gambanya sendiri) 10  
8 Memakai kaos kaki / sepatu sendiri Meuntaskan pekerjaan sehari-hari dengan kedua tangannya tanpa bantuan orang lain. 10  
9 Menyusun Puzzle Mampu menyusun puzzle 10  
10 Menempel Kolase/ merangkai manik manik/ membuat bentuk dengan playdough Dapat beraktifitasdengan menggunakan benda-benda yang kecil dan memegangnya dengan jari jemarinya. 10  

 

 

 

No. Aspek Penilaian Aktivitas peserta Indikator Penilaian Skor maksimal  
1 Aspek Sosial Memainkan sebuah permainan bersama-sama dalam bentuk kelompok + 4 s/d 5 Orang dipandu oleh salah satu panitia dan diawasi oleh bebrapa penguji Senang bermain dengan temannya 10  
2 Mudah bergabung dengan kelompoknya 10  
3 Mudah terlibat pembicaraan dengan temannya 10  
4 Bersedia bekerjasama dengan temannya 5  
5 Bersedia berbagi mainan dengan temannya 10  
6 Sudah muncul rasa tanggung jawab merapihkan kembali mainannya 5  
7 Tidak kembali melakukan perbuatan yang baru saja dilarang. 5  
           

 

 

 

 

 

 

 

 

         
           

 

No. Aspek Penilaian Aktivitas peserta Indikator Penilaian Skor maksimal  
1 Aspek Emosi Mengikuti rangkaian tes tanpa didampingi Tidak menangis saat berpisah dengan ayah bundanya 10  
2 Menyelesaikan rangkaian tes tanpa menangis tidak mudah mennagis saat ia kecewa atau tidak berhasil menyelesaikan tugasnya 5  
3 Mengikuti rangkaian  tes  tanpa malu-malu Tidak takut terlibat aktivitas dikelas 10  
4 Selalu antusias dengan setiap rangkaian tes tidak sering tampak melamun 5  
5 Menggunakan instrumen tes yangdiberikan kepadanya Tidak memaksa meminta sesuatu dengan cara merengek atau bahkan mengamuk 5  
6 Ramah dengan teman-temannya Tidak memukul, memendang atau menyakiti temannya, dan bersedia meminta maaf saat bersalah. 10  

 

 

No. Aspek Penilaian Aktivitas peserta Indikator Penilaian Skor maksimal Skor
1 Aspek Kognitif (Bahasa) Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, usia dan tempat tinggal Dapat menyebutkan nama, usia dan tempat tinggalnya 5  
2 Menceritakan pengalaman meyenangkannya (misalnya saat liburan yang lalu) Sudah memahami konsep waktu 5  
3 Mengambil warna kertas yang sesuai dan melipatnya sesuai instruksi Memahami instruksi yang diberikan 10  
4 mendengarkan cerita pendek dan menjawab pertanyaan yang diajukan penguji Mudah mengingat cerita pendek, puisi atau syair lagu 10  
5 Menyebutkan nama-nama bentuk benda yang diperlihatkan penguji Mengetahui macam-macam bentuk sederhana 5  
6 Meletakkan benda sesuai dengan instruksi penguji memahami konsep letak seperti kanan, kiri, atas, bawah, depan, belakang dalam dan luar 5  
7 Menyebutkan warna origami yang ditunjukan penguji dalam bahasa indonesia dan inggris Menyebutkan macam-macam warna 10  

 

 

No. Aspek Penilaian Aktivitas peserta Indikator Penilaian Skor maksimal Skor
1 Aspek Kognitif (Matematika) Menggurutkan Benda dari terkecil-terbesar Memahami konsep ukuran 5  
2 Mengelompokkan benda sesuai dengan kategori tertentu Memahami konsep pengelompokkan 10  
3 Menunjukkan atau menebak jumlah jari yang ditunjukkan penguji Dapat menyebutkan jumlah jari 1-10 5  
4 Melengkapi gambar yang belum lengkap Mampu mengidentifikasi gambar yang tidak lengkap. 10  
5 Menyebutkan lambang bilangan 1-10 Mengetahui angka 1-10 5  
6 Mengurutkan lambang bilangan 1-10 Memahami konsep Urutan 5  
7 Menghitung banyak benda Menggunaka angka untuk membilang banyak benda 5  
8 Melakukan penjumlahan dan pengurangan Dapat menjawab pertanyaan mengenai penjumlahan dan pengurangan. 10  

 

No. Aspek Penilaian Aktivitas peserta Indikator Penilaian Skor maksimal Skor
1 Aspek Kognitif (Mengamati dan membaca) Menebak nama huruf Mengetahui huruf a-z 15  
2 Menebak huruf awal dari nama suatu benda Memahami konsep huruf 10  
3 Menuliskan nama nya Menuliskan nama lengkap/ panggilannya 10  
4 Mengamati gambar dan menyebutkan fungsi dari benda yang ada dalam gambar Menyebutkan fungsi benda 10  
5 Mengamati gambar cerita berseri dan menceritakannya dengan bahasa sendiri Menyampaikan cerita dengan alur yang runtun dan bahasa yang jelas (tidak kekanak-kanakan) 10  
6 Berdiskusi tentang isi cerita Fokus menyampaiakan ide atau pendapat 5  
7 Duduk dengan tenang dan fokus dengan aktifitas bercerita Dapat duduk dengan tenang dan fokus pada aktivita yag sedang dilakukan 5  

 

 

No. Aspek Penilaian Aktivitas peserta Indikator Penilaian Skor maksimal Skor
1 Aspek Kognitif Qiro'ah Al-qur'an) Menebak huruf-huruf hijaiyah Mengenal huruf hijaiyah 10  
2 Membaca huruf hijaiyah dengan berbaga harkat Mengenal huruf hijaiyah yag berharkat 10  
3 membaca  huruf hijaiyah yang disambung Mengenal huruf hijaiyah yang disambung 10  
4 membaca huruf hijaiyah dengan membedakan bacaan panjang/ pendek dan sesuia dengan makhrojnya membaca kalimat al-qur'an sesuai dengan kaidah tajwid 20  
         
5 Bagi peserta yang sampai pada level ini maka di uji membaca ayat-ayat alqur'an (langsung dari al-qur'an / juz'amma) Membaca al-qur'an 20  

 

KunKarima FanPage

Login Form